9 Januari 2016

Melbourne, Kota Wisata Bagi Pecinta Seni

Barangkali masih banyak orang yang belum menyadari Melbourne merupakan pusat dari jiwa seni Australia. Festival budaya danpertunjungan luar ruangan hampir tiap hari diselenggarakan sepanjang tahun. Wajar jika tempat ini menjadi salah ruang publik teramai di dunia. 

Melbourne, dianggap kota multibudaya yang memiliki nilai artistik, canggih, dan majemuk. Dengan wilayah kota yang tidak begitu luas, kota ini terdiri dari berbagai area yang berbeda dan masing-masing mengusung karakter nan unik. 

Nuansa arsitektur bersejarah era Victoria begitu kental dan tampak pada jalan-jalan utama kota. Gang-gang tersembunyi dan jalan-alan kecil mampu mengundang para petualang untuk ditelusuri. Berbagai butik,kafe unik bar, serta restoran trendi pun tak pernah luput menjadi tempat wisatawan. 

Mengawali kedatangan saya dan suami untuk keempat kalinya di kota Melbourne di bulan Desember menjelang Natal, suasana imigrasi nan padat hampir 3 jam melayani kedatangan penumpang dari Indonesia, Malaysia, Philipina, Cina. 

Mudah untuk melanjutkan perjalanan dari Airport Tulamarine dengan membeli tiket Skybus, bus yang memiliki rute Aiport-City. Harga tiket AUD 18 untuk pulang pergi /per orang. Setelah membeli tiket, langsung antri hanya 10 menit, kami masuk ke Skybus . Transportasi Skybus sangat menyenangkan, nyaman dan bersih. Penumpang hanya berjumlah 20 orang , begitu penuh, langsung jalan. Waktu tempuh dari Airport menuju City kira-kira 40 menit saja. 

Setibanya di Southern Cross Station, kami langsung mencari anak saya yang menjemput di situ. Lalu, kami berjalan beberapa meter lalu menyebrangi zebra cross, tiba di Spencer Street menemui seseorang yang menyerahkan kunci apartemen yang kami sewa. Setelah itu membawa semua barang ke dalam apartemen. 

Kelelahan menghinggapi kami karena semalaman kami tidak bisa tidur di pesawat, kami mencari kuliner untuk makan siang. Kuliner: Momen makan siang, kami menjumpai berbagai makanan international, Vietnamese, Korean, Chinese, Japanese, Hongkong. Kami memilih yang dekat dengan apartemen Korean. Memilih makanan yang sesuai dengan selera kami seperti Buldogi . Sangat cepat penyajiannya dan juga apik penataannya, menambah selera makan kami. Anak-anak muda yang gesit dan semangat melayani di restoran ini. Di City ada berbagai kuliner yang sangat mudah ditemukan. Pilihan dapat disesuaikan dengan selera. Namun, jika ingin mencicipi restoran yang bernuansa modis seperti Mamasita atau Chin Chin pun ada. Restoran dimulai pukul 11.00 waktu setempat hingga larut malam. Kebanyakan masakan memfokuskan diri pada masakan Asia Tenggara. Di sini ada santapan yang berbahan segar dan saus dan pasta buatan sendiri. 

City Tour:

 Kali ini saya datang ke Melbourne di bulan Desember, dimana terik matahari sangat panas sekali yaitu 41 derajat Celsius. Lebih baik sepagi mungkin kita berangkat berjalan-jalan sebelum terik matahari makin panas. Biasanya kami sudah ke luar pukul 8.30. Melihat beberapa tempat wisata di Kota ini yang sangat menarik yaitu Yarra River. Menyusuri jalan dari Flinder Street menuju ke Yarra River hanya sekitar 10 menit saja. Menikmati keindahan sungai yang sangat bersih, udara yang juga bersih. Jika ada yang ingin “River Cruises” juga disiapkan. Tinggal membeli tiketnya , maka akan menyusuri sepanjang sungai Yarra River. 

Melbourne Visitor’s Place. Sebagai seorang wisatawan, tentunya ingin mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang tempat, acara , budaya serta hal-hal menarik yang perlu dikunjungi. Di sinilah tempat yang paling tepat. Segudang informasi dari brosur yang lengkap, sampai orang yang melayani dengan ramah maupun yang ingin booking “one day tour” disiapkan dengan sangat rapi dan baik. Lokasinya ada di Federation Square. Mudah dijangkau tinggal menyeberang dari Flinder Street Station.

Dockland , sebuah tempat teluk dimana para pemilik kapal pesiar di Melbourne menambatkan kapal pesiar mereka. Tempatnya sangat tenang, bersih dan pemandangannya indah terdapat taman dan taman. “Water Taxis” disiapkan untuk melayani Anda untuk destinasi sepanjang Yarra River. Anda dapat mendapatkan informasi yang lengkap di Southgate Information booths, Southbank. 

Eihad Stadium Tour: lokasinya sangat dekat dengan Dockland. Suatu stadium yang biasanya dipakai untuk pertandingan para olahragawan . Kebetulan saya tidak dapat masuk karena hari libur Natal. Namun jika ada yang ingin masuk dan melihat arsitektur stadion yang sangat hebat, dan melihat stadion yang sangat impresif dengan arsitektur yang sangat menarik, dapat langsung ke 740 Bourke Street, Docklands 03 86625.7277. 

Melbourne Town Hall Tour, tour tanpa biaya sama sekali . Bangunan tua dari abad ke 19 yang sangat impresif dan memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk belajar tentang arsitektur, sosial dan politik . Terletak di 90-130 Swanston Street 0396548.9658. 

Art Centre Melbourne, Letaknya dibawah Arti Centre yang merupakan ikon dari Art Centre di Melbourne. Temukan rahasia dari design teater yang berbau budaya dan pelajari tentang sejarah dan arstitek budaya tempat ini. Lokasinya terletak di 100 St.Kilda Road 1300.182.183. Parliament of Victoria Tour. Dibangun pada saat era pencarian emas di Victoria, Gedung Parlenentt atau Parliament House adalah sebuah gedung yang memiliki kemewahan dari interior dari sekian banyak gedung publk di Victoria. Didesign oleh Peter Kerr, perancang dari Parliament House pada bulan Nopember 19855. Yang pertama dibangun adalah Legislative Asembly dan Legislative Council Chamber pada tahun 19856. Kemudian Parliamentary Library diselesaikan 5 tahun kemudian, dan akhirnya Vestibule dan Queen’s Hall dibangun 1879. Megah dan kokoh serta tinggi bangunan dari 41 anak tangga sampai 46 meter untuk menuju ke ruang masuk Vestibule. Ornamen dan lampu yang sangat bersinar megah. Letaknya : Spring Street 03.9651.8568. 

 Grampians National Park. Pemandangan alam yang sangat indah dan surga bagi pecinta alam dengan pemandangan yang menakjubkan di seluruh tempat Temukan air terjun yang megah, formasi batuan yang spektakuler dan pemandangan panorama. Temukan tamasya hutan dengan kangguru. Saya jatuh cinta dengan keindahan pemandangan di Grampian secara keseluruhan. 

Perjalanan saya di Grampians National Park dimulai pada pukul 8 pagi. Penjemputan yang tepat waktu yaitu 7.30 dan menuju ke Eureka Stocakde Memorial di Ballarat untuk minum teh pagi hari. Lalu kami mengexplorasi Hutan di Grampians township of Halls Gap. Ada gallery yang menunjukkan beberapa hewan yang berada di hutan itu. Jenis dan berapa lama mereka hidup, sangat lengkap informasinya. Bahkan, saya sempat belajar tentang Aborigin dari gambar, foto serta ulasan singkat bagaimana awal mula mereka berada, usaha dan budaya ,ekonomi mereka. 

Menuju puncak dari Wonderland Turntable menuju Grand Cannyon, menikmati indahnya pemandangan yang luar biasa. Sejauh mata memandang, keasrian alam hutan bercampur dengan danau yang asri. Lalu menuju MacKencis Falls, sebuah air terjun. Panas udara membuat perjalanan sangat sulit karena harus menuruni kedalaman hampir 10 km. Tetapi tempat untuk menuruni sudah sangat aman dibuat dari plester bebatuan yang sangat aman. Sebelum kembali, kami sekali lagi mendapat keindahan alam dari Bukit Boroko yang menjulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...