28 Maret 2016

Tetap Sehat di Usia Senja

dokumen pribadi
Beberapa hari ini topik seru yang saya terima di WA teman sekolahku adalah "Foto Ibu". Masing teman-teman saya memamerkan foto-foto ulang tahun maupun kondisi fisik ibunya. Ada yang membuat video bagaimana ibunya yang berusia 83 tahun masih sehat berolahraga berjalan kaki sendirian, ada pula yang memamerkan foto ulangtahun ibunya di usia 92 tahun, sehat ditemani dan dikelilingi oleh anak, menantu yang ikut ceria. Belum lagi beberapa orang pun bercerita mengantarkan ibunya ke mall bersama ibunya. Seru karena mereka masih punya ibu yang sehat di usia senjanya. 

Masih dengan topik yang sama, Sehat di Usia senja, saya nonton di Kick Andy yang menayangkan dua orang usia lanjut usia yaitu, Pak  Sidarto Danusbroto dan Ibu Moordibyo. Pak Sidarto, berusia 80 tahun, masih aktif bekerja sebagai watimpres dan setiap hari aktivitas olahraganya tak pernah berhenti. Sangat mengesankan pikiran dan alur berbicaranya masih fasih dan tidak pernah terbata-bata atau lupa dalam menjawab pertanyaan dari moderator. Demikian juga Ibu Moordibyo juga dalam usia yang sudah senja 88 tahun masih aktif dalam organisasi, ikut berbagai kegiatan membantu anak-anak dalam perusahaan, bahkan pengalaman beliau waktu mengambil S3 pada usia 75 tahun sangat mengejutkan karena beliau menjadi mahasiswi yang tertua pada saat itu.



 Lalu, apa sebenarnnya tips atau rahasia untuk tetap sehat di usia Senja? Beberapa yang dapat dikemukakan baik oleh dokter geriatri, Dr. Tuti.... adalah sebagai berikut; 
1. Selalu aktif dalam olahraga ringan: Misalnya jalan kaki, senam ,berenang. Dilakukan secara konsisten .Setiap hari paling sedikit 1 jam .
2. Selalu aktif melakukan kegiatan yang disukai: Misalnya berkebun, membaca, menjahit, "haken"
3. Membaca , belajar , atau menyukai "puzzle" akan sangat membantu menghindari kepikunan 
4. Hindari gaya hidup yang tidak sehat terutama pada makanan/minuman atau kebiasaan yang dapat menimbulkan penyakit yang sangat mematikan seperti merokok, menyukai makanan dan minuman soda dan kalengan yang sifatnya manis.

Di Indonesia menunjukkan bahwa usia untuk lanjut usia makin meningkat untuk hidupnya. Namun, tidak semua mereka yang berusia lanjut dapat memperoleh kesehatan dan kualitas yang baik di usia lanjutnya. Ini disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, atau penyakit generatif yang dideritanya.
Gaya hidup yang tidak sehat seperti setres, merokok, insomania, depresi, kecemasan, aloholik asma jantung , stroke.
Beberapa pengaruh dari pola hidup tidak sehat terhadap penyakit adalah diet tidak sehat, ketidak-aktifkan fisik, meroko, stres.


Oleh karena itu lakukan gaya hidup sehat dengan  selalu melakukan check-up untuk kesehatan setiap tahun dan hidup dengan gaya hidup sehat supaya mereka memperoleh kualitas hidup sehat di usia lanjut. merokok, makan dan minum yang serba manis, kolesterol tinggi harus dihindari.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...