9 Februari 2015

Review Tutorial Basic Blogger Mingu I & II



Senang sekali belajar Basic Blogger.  Rasanya setiap hari menunggu pelajaran baru seperti layaknya seorang siswa yang ingin belajar hal-hal yang baru.  

Setiap hari sekitar jam 13.30, datanglah email yang dinantikan.  Langsung membukanya via email dan akses pelajaran baru .  Hampir dipastikan tiap kali pelajaran baru, saya harus memutar videonya dua kali supaya memastikan saya mencatat dan mengingat step-step yang harus dilakukan.

Maklum ternyata saya mempunyai kelemahan visual dari segi tehnik.

Nach, saya ingin berbagi cerita kepada teman-teman terutama Mbak Lala sebagai tutor Basic Blogger. 


  1. Hal-hal yang saya sukai :

  • Membuat Header:   Rasanya senang banget melihat berbagai kekayaan web yang menyediakan header yang sangat unik, bagus dan lucu.

  •  Membuat Background:  Menyenangkan sekali bermacam-macam background dari yang saya sukai maupun tidak.  Ternyata pilihannya begitu banyak.  Tehnik lumayan gampang menurut saya.

  •   Mempercantik foto:  Pengetahuan baru bagi saya ternyata foto dapat diedit sesuai dengan keinginan kita.   Hanya sayang saya tak bisa begitu cepat untuk mengedit foto (saya punya kelemahan dalam fotoshop)

  • Menu CSS:    Lebih mudah menggunakan tehnik yang diajarkan di Basic Blogger daripada digital mommie yang harus menggunakan coding-coding di html

  • Pembatas artikel:   saat saya upload foto sudah berhasil. Ketika mencoba mencari coding dari foto dan memasukkan ke css yang scriptnya tinggal copy paste, ada kesulitan tak bisa berhasil. Coba hampir 5 kali akhirnya berhasil.  Luar biasa, harus  mencoba hampir


Kesulitan dan hal yang tak saya sukai karena tidak berhasil:



  • Menu Bergambar:   Kesulitan pertama adalah mengolah foto di foto editor, fotonya tak sesuai dengan yang diajarkan.  Saya memang kurang memahami fotoshop.  Lalu setelah foto yang tak sesuai itu saya upload di .posting baru. dan mencoba menggeser  tak bisa sama sekali.  Saya melakukannya hampir dua hari.
  • Saya juga telah mencoba sesuai dengan bantuan step yang diajarkan oleh Anita:

-Buat gambar yang ada tulisan dibawah
-klik new post/insert picture, ambil semua gambar yang tadi dibuat.
-Tekan barangan CT+Alt klik icon remove formatting yand ada diujung kanan
-Atur sesuai letak yang kita inginkan . Cara cut gambar yang mau, pindahkan .Lalu paste di samping gambar sebleumnya/Bikin tampilan menjadi cantik
-Copy link address ke menu gambar yang kita buat
-save
-preview/publish
-dashobard kespoting tadi/ambils script html.nya
-klik tata letak dipaling atas.Add widget html.javascript
 Drag ke atas
 Dibawah widget lamat yang
-hapus widget laman



  •     Podcasting Audio:  tak berhasil karena di komputer saya tidak ada mic  ;  ingin sekali coba tapi keterbatasan komputer.
  •     Video:  hanya terbatas dengan foto-foto, tak memiliki persedian video dalam komputer yang bisa dikompile. (sayang sekali keterbatasan komputer).
Berharap saya mendapat solusi apa yang jadi kesulitan saya. (kenapa kok bodoh amat yach!)...

4 komentar:

  1. Senang membacanya :D
    Semoga mb Ina terus semangat untuk menciptakan blognya secantik & seinformatif mungkin.

    BalasHapus
  2. Semagat Bu Ina, blognya informatif dan keren :D

    BalasHapus
  3. Wah, bunda koq gak tau, ya tentang Basic blogger ini, ya. Asyik juga kalo ikutan belajar kali, ya.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...